Selasa, 19 April 2011

KALAM KHABAR DAN INSYA'

KALAM KHABAR DAN INSYA’
Kalam ada dua macam ; kalam khabar  ( kalimat berita ) dan Kalam insya’ ( kalimat bukan berita ).
1)      Kalam khabar ( kalimat berita ) adalah suatu kalam ( perkataan ) yang mana mutakallimnya dapat dikatakan benar ( orang yang berkata benar ) atau dusta ( orang yang berkata bohong ).
Kebenaran dan kedustaan mutakallim didasarkan pada kesesuaian perkataannya terhadap peristiwa yang terjadi ( kenyataan ). Apabila perkataan mutakallim sesuai dengan kenyataan maka si mutakallim disebut sebagai mutakallim yang benar ( shodiq ). Dan apabila perkataannya tidak sesuai dengan kenyataan maka mutakallim disebut sebagai mutakallim yang berdusta ( kadzib ).
Contoh :
         سَافَرَ زَيْدٌ: Zaid telah bepergian
عَلِيٌّ مُقِيْمٌ        : Ali bermukim
Apabila kedua contoh pekataan di atas sesuai dengan kenyataan ( Zaid benar – benar telah bepergian dan Ali benar – benar mukim ), maka mutakallim disebut sebagai mutakallim yang benar ( shodiq ).
2)      Sedangkan pengertian kalam insya’ adalah kesebalikan dari pada kalam khabar. Yaitu suatu kalam yang mana mutakallimnya tidak dapat disebut sebagai mutakallim yang benar ( shodiq ) atau dusta ( kadzib ). Contoh :
سَافِرْ يَا مُحَمَّدُ!: Wahai Muhammad, bepergianlah !
أَقِمْ يَا عَلِيُّ !    : Wahai Ali, bermukimlah !
Kedua perkataan di atas, merupakan contoh kalam insya’. Kerena kedua contoh tersebut bermakna perintah ( mutakallim memberikan perintah bukan berita ), sehingga kedua perkataan tersebut tidak dapat disimpulkan benar dan salahnya.

Susunan kalimat selain disebut kalam juga disebut jumlah mufidah ( susunan yang memberikan faidah ). Sedangkan asas dasar setiap jumlah mufidah adalah penyandaran ( isnad ). Sehingga setiap jumlah mufidah mempunyai dua komponen utama ( rukun ) yang disebut dengan mahkum ‘alaih ( musnad ilaih ) dan mahkum bih ( musnad ).
-  Musnad adalah kalimat yang disandarkan pada kalimat yang lain ( musnad ilaih ).
- Musnad ilaih adalah kalimat yang disandari oleh musnad.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar